Selamat Datang Di BLOG HUNTER
Terima kasih atas kunjungan Anda di BLOG HUNTER,
Nationalism is Humanity ~ Untuk kemudahan dalam hal Navigasi Temukan ratusan artikel Bloghanter di tombol DAFTAR ISI di bagian pojok kanan atas atau dengan cara menelusuri satu persatu dari SEMUA KATEGORI di SIDEBAR BAGIAN KANAN BAWAH

Fakta fakta dan prestasi membanggakan militer Indonesia sejak dulu hingga sekarang

Fakta-fakta kekuatan militer tentara Indonesia dari jaman dahulu hingga sekarang. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sekaligus negara dengan penduduk terbesar ke-4 dunia tentunya Indonesia memiliki berjuta sumber daya yang melimpah.
NKRI Harga Mati
Kekayaan yang melimpah ruah, serta wilayah negara yang amat luas tentu saja memmerlukan berbagai penjagaan ekstra sebagai negara yang merdeka dan berdaulat agar tidak di ambil atau di usik negara lain.

Indonesia sejak jaman presiden pertama Ir. Soekarno telah menunjukkan kekuatan militernya yang teramat kuat, dengan bantuan sekutunya Uni sovyet (sekarang namanya adalah Russia). Berkat kedekatan Soekarno dengan Uni Sovyet Indonesia
banyak mendapatkan alutsista terkuat dan tercanggih masa itu, yang secara esklusif hanya diberikan untuk Indonesia oleh Russia.
kata kata bijak Bung Karno
Indonesia bahkan pernah menjadi yang terkuat di Belahan bumi bagian selatan, karena memiliki alutsista yang super hebat dari Russia. Salah satunya adalah KRI KRIAN, dimana Kapal tersebut adalah kapal perang terbesar di Dunia pada masanya, hanya ada 2 di seluruh Dunia. Dan hanya Indonesia dan Russialah yang memilikinya

Dan nampaknya kekuatan militer kita berlanjut hingga saat ini, dan berikut adalah kumpulan fakta fakta prestasi dan hal hal membanggakan militer Indonesia sejak dulu hingga sekarang, dan tentunya masih banyak lagi. Yang saya tulis disini hanyalah sebagian
Alutsista terkuat dan tercanggih Dunia era 1960an Indonesia
Alutsista terkuat dan tercanggih Dunia era 1960an Indonesia

Pernah Menjadi yang Paling Menakutkan Di Belahan Bumi Selatan era Soekarno thn 60an
Tidak main-main, kekuatan militer Indonesia pernah tercatat sebagai kekuatan militer paling kuat dan disegani di wilayah belahan bumi selatan pada era 1960-an, terutama angkatan udaranya (waktu itu bernama AURI). 
Pesawat pemBom strategis Indonesia & KRI Krian
Pesawat pemBom strategis Indonesia dan KRI Krian

Memiliki pesawat-pesawat jet tempur canggih pada masa itu, serta memiliki kapal perang besar raksasa lautan sekelas KRI Irian Jaya yang menggetarkan belanda untuk segera angkat kaki dari wilayah Papua barat.

Peralatan tempur canggih ini adalah hasil dari presiden Soekarno atas kedekatanya dengan Uni Soviet waktu itu, Amerika Serikat yang dicap sebagai negara adidaya pun sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer Indonesia yang disokong secara besar-besaran oleh teknologi terbaru buatan Uni Soviet (sekarang Rusia).

Keakraban antara Pemerintah Indonesia dengan Uni Soviet membuahkan hasil, salah satunya yaitu kekuatan militer Indonesia mendapatkan bantuan yang tak tanggung-tanggung yakni sebesar US$ 2,5 Milyar dari angkatan laut dan udara termaju di dunia yaitu Uni Soviet.


Baca : Kekuatan Militer Indonesia yang terkuat dan paling ditakuti pada masanya

Peringkat 12 Di Dunia, No. 1 Di Asia Tenggara
Daftar Militer terkuat Dunia
Daftar Negara dengan militer Terkuat di Dunia

Selain pernah menjadi kekuatan militer paling ditakuti di belahan bumi selatan pada era-nya, seiring perkembangan zaman memang persaingan militer sangat ketat. Indonesia dengan asas poitik luar negeri bebas aktif, perbaikan kekuatan militer memang bukan prioritas utama jika dibandingkan urusan-urusan mendesak lainya. 

Namun bukan berarti pemerintah Indonesia tidak menaruh perhatian pada kekuatan militer Indonesia. Perbaikan dan modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan terus dilakukan dari masa ke masa pemerintahan Indonesia, tentu saja menyesuaikan kondisi ekonomi yang ada. 
Hingga pada saat ini, mengacu pada penilaian sebuah lembaga independent kekuatan militer indonesia pada tahun 2015 menjelma menjadi kekuatan militer ke. 12 dunia jauh meninggalkan urutan peringkat militer negara-negara lain di Asia Tenggara.

Prestasi Militer Indonesia yang Membanggakan
Jika di atas adalah penilaian secara global, korps-korps militer Indonesia juga punya prestasi yang tidak kalah membanggakan di kancah dunia. Inilah yang membuat militer Indonesia semakin disegani dunia.
Beberapa prestasi membanggakan dari korps-korps militer Indonesia antara lain adalah :

1. Peringkat Ketiga Pasukan Elite Dunia

Kopassus Elite forces from Indonesia
Penilaian ini datang dari Discovery Channel Military, menurut Discovery Channel Military edisi 2008, Kopassus berada di posisi tiga pasukan elite dunia karena ternyata mampu mengalahkan pasukan elite dari beberapa negara lain yang terlalu bergantung pada teknologi akurat, serba digital dan super canggih.

2. Peringkat Kedua Sukses Operasi Militer

Kopassus dan Kopaska
Kopassus dan Kopaska Elite Forces from Indonesia

Pada pertemuan Elite Forces di Wina, Austria. Kopassus meraih peringkat kedua dalam melakukan operasi militer stategis (intelijen, pergerakan, penyusupan, penindakan). Sementara itu, urutan pertama adalah pasukan elite Amerika Serikat Delta Force. Saat itu, 35 pasukan elite dari beberapa negara di dunia unjuk gigi dalam ajang tersebut.

3. Sebagai Mentor / Pelatih Militer di benua Afrika.

Latihan brutal kopassus 
Militer Indonesia terutama korps elite (kopassus) sangat dikenal kehebatanya di Afrika karena terutama strategi perangnya, Setidaknya lebih dari 80% para Perwira Kopassus berpartisipasi dalam acara pelatihan militer di Afrika. 

Hingga akhirnya beberapa negara di Afrika Utara hingga Barat memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite berkat tentara Indonesia.

4. Paling Banyak Mengirim Pasukan Untuk PBB
kontingen garuda RI
Indonesia telah dipercaya oleh PBB untuk mengirimkan Kontingen Garuda-nya ke negara-negara konflik di Eropa. Bahkan sejak tahun 1957 hingga sekarang, pasukan ini terus aktif jika sewaktu-waktu PBB membutuhkan pasukan agar negara-negara yang berkonflik mampu dijaga dengan baik.

4. Juara Umum Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 8x berturut turut, terakhir 2015 dengan 30 Emas, 16 perak dan 10 perunggu.
 

TNI Juara Umum AASAM 2015
Lagi lagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil mengukir prestasi dengan menjadi juara umum AASAM ke-8 kalinya. Dalam AASAM kali ini kontingen yang berasal dari Angkatan Darat (TNI AD) ini meraih gelar juara umum dengan merebut 56 medali dalam kejuaraan menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2015. 

Ke-56 medali itu terdiri dari 30 emas, 16 perak dan 10 perunggu.Sedangkan, tuan rumah Australia menempati urutan kedua dengan perolehan 4 medali emas, 9 perak dan 6 perunggu. Disusul Amerika serikat di urutan ketiga dengan 4 emas, 1 perak dan 2 perunggu. TNI bisa dikatakan menang telak dengan selisih sangat jauh dari negara lain.
Tim Tembak TNI di AASAM 2015 
Dengan prestasi itu, Indonesia kembali mengukuhkan kemenangan untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut sejak 2008 sampai 2015 lalu. Dalam kompetisi menembak yang berlangsung tahun ini, Indonesia bersaing dengan 15 tim dari 13 negara, yakni Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang, Filipina, Thailand, Timor Leste, Singapura, Brunei Darussalam, Kaledonia Baru, dan Tonga.

Baca : Woow..!! TNI juara umum lomba tembak antar negara AASAM 8x berturut turut, berikut catatan prestasinya

5. Juara Umum Brunei International Skill at Arms Meet (BISAM) 2015

TNI Juara BISAM 2015 
Mempertahankan gelar kopassus sebagai penembak jitu terbaik dunia, pada tahun 2015 kopassus juga menyabet gelar juara umum di BISAM. 

Lomba tembak BISAM ke-11 yang diselenggarakan pada tanggal 15 Januari sampai dengan 2 Februari 2015 di Brunei Darussalam diikuti oleh 16 negara peserta yang terdiri dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, China, Oman, Australia, Vietnam, New Zealand, United Kingdom, United States Of America, Philipina, Laos, Thailand, Kamboja dan Pakistan.
TNI Juara BISAM 2015 
Dalam lomba ini, Kontingen TNI menjadi juara umum dan memperoleh sebanyak 34 medali nomor individu serta kelompok. Pada nomor Individu, total medali yang diraih sebanyak 6 emas, 6 perak dan 4 perunggu. Sedangkan pada nomor kelompok, TNI meraih sejumlah 14 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Begitu membanggakan sekali prestasi militer bangsa Indonesia ini, kita patut berbangga dengan perolehan prestasi yang ditorehkan oleh TNI. Semoga untuk kedepannya Militer Indonesia semakin berprestasi dan menjadi semakin kuat, hingga menjadi semakin kuat di Asia dan juga Dunia.
2 kata lata mutiara Bung Karno
Kopaska dan Kopassus Elite forces from Indonesia
Kopaska dan Kopassus Pasukan Elite Indonesia
 
Garuda dan bendera Merah Putih
pesawat tempur TNI melintasi bendera merah putih

Share on Google Plus
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2015. BLOG HUNTER | Template Created By BLOG HUNTER | Proudly Powered By Blogger