Data yang dipaparkan disini didapat melalui riset kecil-kecilan dan perkiraan saja (bukan hasil akurat) terhadap 10 media online terbesar di Indonesia. Media online diurutkan berdasarkan peringkat Alexa.com.
Dari 50 situs paling populer di Indonesia terdapat 10 media online. 10 Media online tersebut kemudian dianalisa menggunakan Statshow. Situs khusus yang mengawasi setiap perkembangan website di seluruh dunia.
Dari hasil analisa itulah, lahir rangkuman penghasilan 10 media online terbesar di Indonesia.
Data ini bahkan menunjukkan berapa jumlah kunjungan perhari untuk masing-masing media online. Daftar ini disusun berdasarkan urutan rangking di Alexa per 20 Oktober 2015. Cekidot Gan...!
1. Detik.com
Situs perintis munculnya media online di Indonesia ini menempati urutan teratas rangking Alexa. Posisinya berada di urutan ke 6, situs paling populer di Indonesia. Ia menyusul Yahoo di urutan lima dan Youtube, facebook, Google.co.id dan Google.com diatasnya.
Dalam sehari, Detik menerima kunjungan rata-rata 1,395,354 dan jumlah halaman yang dikunjungi sebanyak 3,488,385 halaman. Tidak heran penghasilan dari Google Adsensenya mencapai $10,116.32 atau kurang lebih Rp136 juta per hari. Bayangkan jika dikali 30 hari, penghasilan Detik sangat fantastis. (Tidak salah CT membelinya sangat mahal).
2. Kaskus.co.id
Situs forum pertama dan terbesar di Indonesia ini juga bisa dikategorikan sebagai media online. Karena hampir sebagian besar isinya membicarakan pemberitaaan dan informasi-informasi. Situs yang awalnya bernama Kaskus.us tersebut menempati urutan kedua situs paling populer di Indonesia. Posisi di Alexa berada di nomor 7.
Pengunjung per hari Kaskus mencapai 1,958,963 orang dengan jumlah halaman yang diakses mencapai 3,134,342. Rata-rata penghasilan per hari Kaskus dari Google Adsense sebesar $9,089.59 atau Rp123 juta. Jumlah ini belum termasuk iklan dalam bentuk lain yang dikelola mandiri oleh Kaskus.
3. Liputan6.com
Media online nomor tiga adalah Liputan6.com. Situs berita yang terinspirasi dari program berita televisi itu cukup mengejutkan dengan peringkat yang cukup fantastis. Dalam setahun terakhir Liputan6 mampu menyalip pemain lama dengan duduk di peringkat 8 situs paling populer di Indonesia.
Jumlah kunjungan setiap harinya ke situs ini juga sangat menawan. Visitor perharinya mencapai 1,687,020 dengan jumlah halaman yang diakses sebanyak 2,699,233. Penghasilan Liputan6 juga sangat besar mencapai $7,827.78 atau kurang lebih Rp105 juta.
4. Kompas.com
Diurutan selanjutnya ada Kompas.com. Media online milik Kelompok Kompas Gramedia tersebut dulunya menduduki posisi yang ditempati Liputan6.com saat ini. Namun, kini Kompas harus puas diposisi ke 10 sebagai situs paling populer di Indonesia.
Walau posisinya menurun, jumlah kunjungan Kompas setiap harisnya tetap tinggi. Perhari Kompas dikunjungi 1,773,651 kali dengan jumlah halaman yang diakses mencapai 2,837,842 halaman. Penghasilan Google Adsensenya pun masih lebih tinggi dari Liputan6.com. Kompas mencatat penghasilan perhari sebesar $8,229.74 atau Rp111 juta.
5. Tribunnews.com
Masih tidak jauh-jauh dari lingkungan Kompas, urutan selanjutnya adalah Tribunnews.com yang tak lain adalah anak didik Kompas. Tribunnews.com dengan jaringan media onlinenya yang tersebar dihampir seluruh provinsi di Indonesia berhasil menempati urutan ke 18 situs paling populer di Indonesia.
Jumlah visitor per harinya mencapai 625,002 dengan total halaman yang diakses sebanyak 1,000,004. Penghasilan induk Tribunnews juga tinggi mencapai $2,900.01 atau Rp39,2 juta. Penghasilan ini belum termasuk dengan penghasilan jaringannya di daerah-daerah.
6. Okezone.com
Urutan ke-6 situs media online paling populer di Indonesia adalah Okezone.com. Media online milik MNC Grup ini cukup mampu diperhitungkan. Dengan kampanye dan promosi yang massif di jaringan televisi milik MNC, maka tidak heran kalau situs ini menempati urutan ke-19 rangking Alexa Indonesia.
Okenone mendapat kunjungan setiap hari sebanyak 336,711 dengan total laman yang diakses pengunjung mencapai 538,738. Jumlah ini membukukan penghasilan perhari Okezone sebesar $1,562.34 atau kurang lebih Rp21,1 juta. Jika dikali 30 hari, penghasilan Okezone bisa lebih Rp600 juta setiap bulannya.
7. Merdeka.com
Diurutan ke-7 sekaligus urutan ke 24 di rangking Alexa adalah situs Merdeka.com. Media online yang berdiri dibawah naungan Kapanlagi Network (KPN) ini dulunya berada di angka belasan. Namun lambat laun menurun seiring dengan lahirnya situs-situs baru.
Walau ikut merosot, namun penghasilan Merdeka.com masih tetap tinggi. Tercatat, setiap hari situs ini berpenghasilan $2,130.87 atau Rp28,8 juta. Jumlah visitor Merdeka sebesar 459,238 dengan total halaman yang diakses pengguna setiap hari sebanyak 734,781.
8. Suara.com
Selain Liputan6.com yang melejit tahun ini, Suara.com juga salah satu media online dengan laju pertumbuhan yang pesat di tahun ini. Suara mampu menggeser pemain lama seperti Viva News dengan menempati urutan ke 26 situs paling populer di Indonesia.
Suara.com membukukan penghasilan perhari sebesar $2,449.7 atau kurang lebih Rp33,1 juta. Kunjungan perharinya mencapai 527,958 dengan total halaman yang diakses sebanyak 844,734 kali. Salah satu kunci kesuksesan Suara.com adalah promosi yang massif di sosial media.
9. Kompasiana.com
Satu lagi media online dengan jenis citizen report yang berasal dari Grup Kompas, yakni Kompasiana.com. Situs yang awalnya hanya sebagai ajang ngumpul wartawan Kompas dan berkembang ke masyarakat umum tersebut kini menempati urutan ke 27 situs paling populer di Indonesia.
Dalam sehari, Kompasiana mampu meraup untung dari iklan Google Adsense sebesar $1,642.40 atau Rp22,2 juta. Situs yang diasuh Pepih Nugraha ini setiap harinya menerima visitor 353,964 dengan total pageviews 566,343. Kompasiana juga mendapat penghasilan dari berbagai kerjasama yang dijalin dengan berbagai pihak.
10. Tempo.co
Posisi ke-10 ditempati oleh Tempo.co. Dulunya media milik majalah Tempo ini berada dirangking atas, namun terus menerus merosot dengan lahirnya media online baru. Salah satu faktor kemerosotan Tempo yakni dengan perubahan namanya dari Tempointeraktif.com menjadi Tempo.co.
Walau menurun, pengunjung Tempo tetap tinggi. Dalam sehari, Tempo selalu kedatangan visitor sebanyak 330,771 dengan total halaman yang diakses sebanyak 529,235. Jumlah ini mengantarkan penghasilan perhari Tempo hanya dari iklan Adsense sebesar $1,534.78 atau Rp20,7 juta.
10 daftar media online paling populer diatas memberi kita gambaran betapa besarnya potensi pasar media online di Indonesia. Memang penghasilan yang dituliskan bukan data aslinya melainkan estimasi, namun data yang dipakai untuk merumuskannya benar-benar terjadi. Sehingga penghasilan masing-masing media diatas tidak jauh berbeda dari perkiraan.
Dari 50 situs paling populer di Indonesia terdapat 10 media online. 10 Media online tersebut kemudian dianalisa menggunakan Statshow. Situs khusus yang mengawasi setiap perkembangan website di seluruh dunia.
Dari hasil analisa itulah, lahir rangkuman penghasilan 10 media online terbesar di Indonesia.
Data ini bahkan menunjukkan berapa jumlah kunjungan perhari untuk masing-masing media online. Daftar ini disusun berdasarkan urutan rangking di Alexa per 20 Oktober 2015. Cekidot Gan...!
1. Detik.com
Situs perintis munculnya media online di Indonesia ini menempati urutan teratas rangking Alexa. Posisinya berada di urutan ke 6, situs paling populer di Indonesia. Ia menyusul Yahoo di urutan lima dan Youtube, facebook, Google.co.id dan Google.com diatasnya.
Dalam sehari, Detik menerima kunjungan rata-rata 1,395,354 dan jumlah halaman yang dikunjungi sebanyak 3,488,385 halaman. Tidak heran penghasilan dari Google Adsensenya mencapai $10,116.32 atau kurang lebih Rp136 juta per hari. Bayangkan jika dikali 30 hari, penghasilan Detik sangat fantastis. (Tidak salah CT membelinya sangat mahal).
2. Kaskus.co.id
Pengunjung per hari Kaskus mencapai 1,958,963 orang dengan jumlah halaman yang diakses mencapai 3,134,342. Rata-rata penghasilan per hari Kaskus dari Google Adsense sebesar $9,089.59 atau Rp123 juta. Jumlah ini belum termasuk iklan dalam bentuk lain yang dikelola mandiri oleh Kaskus.
3. Liputan6.com
Media online nomor tiga adalah Liputan6.com. Situs berita yang terinspirasi dari program berita televisi itu cukup mengejutkan dengan peringkat yang cukup fantastis. Dalam setahun terakhir Liputan6 mampu menyalip pemain lama dengan duduk di peringkat 8 situs paling populer di Indonesia.
Jumlah kunjungan setiap harinya ke situs ini juga sangat menawan. Visitor perharinya mencapai 1,687,020 dengan jumlah halaman yang diakses sebanyak 2,699,233. Penghasilan Liputan6 juga sangat besar mencapai $7,827.78 atau kurang lebih Rp105 juta.
4. Kompas.com
Diurutan selanjutnya ada Kompas.com. Media online milik Kelompok Kompas Gramedia tersebut dulunya menduduki posisi yang ditempati Liputan6.com saat ini. Namun, kini Kompas harus puas diposisi ke 10 sebagai situs paling populer di Indonesia.
Walau posisinya menurun, jumlah kunjungan Kompas setiap harisnya tetap tinggi. Perhari Kompas dikunjungi 1,773,651 kali dengan jumlah halaman yang diakses mencapai 2,837,842 halaman. Penghasilan Google Adsensenya pun masih lebih tinggi dari Liputan6.com. Kompas mencatat penghasilan perhari sebesar $8,229.74 atau Rp111 juta.
5. Tribunnews.com
Masih tidak jauh-jauh dari lingkungan Kompas, urutan selanjutnya adalah Tribunnews.com yang tak lain adalah anak didik Kompas. Tribunnews.com dengan jaringan media onlinenya yang tersebar dihampir seluruh provinsi di Indonesia berhasil menempati urutan ke 18 situs paling populer di Indonesia.
Jumlah visitor per harinya mencapai 625,002 dengan total halaman yang diakses sebanyak 1,000,004. Penghasilan induk Tribunnews juga tinggi mencapai $2,900.01 atau Rp39,2 juta. Penghasilan ini belum termasuk dengan penghasilan jaringannya di daerah-daerah.
6. Okezone.com
Urutan ke-6 situs media online paling populer di Indonesia adalah Okezone.com. Media online milik MNC Grup ini cukup mampu diperhitungkan. Dengan kampanye dan promosi yang massif di jaringan televisi milik MNC, maka tidak heran kalau situs ini menempati urutan ke-19 rangking Alexa Indonesia.
Okenone mendapat kunjungan setiap hari sebanyak 336,711 dengan total laman yang diakses pengunjung mencapai 538,738. Jumlah ini membukukan penghasilan perhari Okezone sebesar $1,562.34 atau kurang lebih Rp21,1 juta. Jika dikali 30 hari, penghasilan Okezone bisa lebih Rp600 juta setiap bulannya.
7. Merdeka.com
Diurutan ke-7 sekaligus urutan ke 24 di rangking Alexa adalah situs Merdeka.com. Media online yang berdiri dibawah naungan Kapanlagi Network (KPN) ini dulunya berada di angka belasan. Namun lambat laun menurun seiring dengan lahirnya situs-situs baru.
Walau ikut merosot, namun penghasilan Merdeka.com masih tetap tinggi. Tercatat, setiap hari situs ini berpenghasilan $2,130.87 atau Rp28,8 juta. Jumlah visitor Merdeka sebesar 459,238 dengan total halaman yang diakses pengguna setiap hari sebanyak 734,781.
8. Suara.com
Selain Liputan6.com yang melejit tahun ini, Suara.com juga salah satu media online dengan laju pertumbuhan yang pesat di tahun ini. Suara mampu menggeser pemain lama seperti Viva News dengan menempati urutan ke 26 situs paling populer di Indonesia.
Suara.com membukukan penghasilan perhari sebesar $2,449.7 atau kurang lebih Rp33,1 juta. Kunjungan perharinya mencapai 527,958 dengan total halaman yang diakses sebanyak 844,734 kali. Salah satu kunci kesuksesan Suara.com adalah promosi yang massif di sosial media.
9. Kompasiana.com
Satu lagi media online dengan jenis citizen report yang berasal dari Grup Kompas, yakni Kompasiana.com. Situs yang awalnya hanya sebagai ajang ngumpul wartawan Kompas dan berkembang ke masyarakat umum tersebut kini menempati urutan ke 27 situs paling populer di Indonesia.
Dalam sehari, Kompasiana mampu meraup untung dari iklan Google Adsense sebesar $1,642.40 atau Rp22,2 juta. Situs yang diasuh Pepih Nugraha ini setiap harinya menerima visitor 353,964 dengan total pageviews 566,343. Kompasiana juga mendapat penghasilan dari berbagai kerjasama yang dijalin dengan berbagai pihak.
10. Tempo.co
Posisi ke-10 ditempati oleh Tempo.co. Dulunya media milik majalah Tempo ini berada dirangking atas, namun terus menerus merosot dengan lahirnya media online baru. Salah satu faktor kemerosotan Tempo yakni dengan perubahan namanya dari Tempointeraktif.com menjadi Tempo.co.
Walau menurun, pengunjung Tempo tetap tinggi. Dalam sehari, Tempo selalu kedatangan visitor sebanyak 330,771 dengan total halaman yang diakses sebanyak 529,235. Jumlah ini mengantarkan penghasilan perhari Tempo hanya dari iklan Adsense sebesar $1,534.78 atau Rp20,7 juta.
10 daftar media online paling populer diatas memberi kita gambaran betapa besarnya potensi pasar media online di Indonesia. Memang penghasilan yang dituliskan bukan data aslinya melainkan estimasi, namun data yang dipakai untuk merumuskannya benar-benar terjadi. Sehingga penghasilan masing-masing media diatas tidak jauh berbeda dari perkiraan.